Sejarah Banjari Ulul Albab

IMG_2938Jimmunair.wordpress.com – Jamaah Intelektual Mahasiswa Muslim (JIMM) selain sebagai wadah untuk sharing keilmuan Islam, JIMM juga menjadi wadah mahasiswa untuk mengembangkan bakatnya. Salah satu bidang yang diwadahi oleh JIMM adalah seni banjari yaitu bernama Grup Sholawat Banjari Ulul Albab. Dalam JIMM, Banjari Ulul Albab terletak di bawah kepengurusan Dapartemen Syiar.

Banjari Ulul albab berdiri sejak tanggal 25 Maret 2015. Namun, pada saat itu grup sholawat al-banjari ini belum memiliki nama. Nama Ulul albab baru tercetus pada tanggal 20 Mei 2015. Nama Ulul Albab diambil dari kitab suci Al-Quran. Ulul albab disebut 16 kali dalam Al-Quran. Adapun ayat-ayat yang menyebutkan kata ulul albab antara lain tertuang dalam QS al-Baqarah [2]: 179, 197, 269; QS Ali ‘Imrân [3]: 7, 90; QS al-Mâidah [5]: 100; QS Yusuf [12]: 111; QS al-Ra’d [13]: 19; QS Ibrâhîm [14]: 52; QS Shâd [38]: 29, 43; QS al-Zumar [39]: 9, 18, 21; QS al-Mukmin [40]: 54 dan QS al-Thalâq [65]: 10. Pengulangan tersebut menunjukkan betapa pentingnya ulul albab dalam proses pengembangan keilmuan, pemikiran dan pembentukan pribadi yang unggul terutama generasi muda. Menurut Al-Quran, Ulul albab adalah kelompok manusia tertentu yang diberi keistimewaan oleh Allah SWT. Diantara keistimewaannya ialah mereka diberi hikmah, kebijaksaan, dan pengetahuan, disamping pengetahuan yang diperoleh mereka secara empiris. Seperti firman Allah pada surat Al-Baqarah ayat 269: “Allah menganugerahkan al hikmah (kefahaman yang dalam tentang Al Quran dan As Sunnah) kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang dianugerahi hikmah, ia benar-benar telah dianugerahi karunia yang banyak. Dan hanya orang-orang yang berakal lah yang dapat mengambil pelajaran (dari firman Allah)”.
Sesuai hakikat apa itu Ulul Albab, maka kami semua berharap, Semoga dengan dinamakan grup sholawat banjari Ulul Albab, sholawat akan lebih menggema di Universitas Airlangga, khususnya di Fakultas Sains dan Teknologi.

Advertisements

5 thoughts on “Sejarah Banjari Ulul Albab”

  1. selain itu kenapa ulul albab? karena sesuai dg nama masjid kesayangan para jimmers dan warga FST lainnya, yakni Masjid Ulul Albab, dimana kita sering latihan disitu.. 😀
    salam sholawat ^^

Comments are closed.