Integrasi Bukan Wacana

UNAIRJimmunair.wordpress.com – Sabtu (9/1) yang lalu, Jama’ah Nuruzzaman Unit Kegiatan Mahasiswa Kerohanian Islam (JANUR UKMKI) bersama  perwakilan seluruh Lembaga Dakwah Fakultas (LDF) Se-UNAIR datang dan duduk  bersama dalam satu forum yang bertajuk “Integrasi Bukan Wacana”. Forum ini diadakan di ruang Moh. Hatta gedung Mata Kuliah Wajib Universitas (MKWU) Kampus B UNAIR. Tujuan forum ini antara lain untuk menyambung tali silaturrahmi antar LDF Se-UNAIR, penegasan konsep integrasi, sharing permasalahan yang ada di masing-masing LDF dan penyelarasan program kerja (proker-red) antara LDF dan JANUR UKMKI.

Dalam forum ini, Akh Mubarok sebagai Mas’ul JANUR UKMKI tahun ini dan jajarannya mengemukakan beberapa hal untuk menegaskan kembali konsep integrasi sehingga tidak hanya disebut sebagai wacana belaka. Hal-hal yang dikemukakan antara lain misi besar Lembaga Dakwah Kampus (LDK) di UNAIR, sejarah terbentuknya JANUR UKMKI, poin-poin penawaran JANUR UKMKI dalam pengimplementasian konsep integrasi dan juga diskusi interaktif permasalahan yang ada di LDF Se-UNAIR.

Berikut resume beberapa hal yang dikemukaan tersebut.

Misi Besar LDK di UNAIR

“Berdakwah serta menyinegrikan seluruh LDK yang ada di Indonesia.” – Misi besar inilah yang melatarbelakangi diambilnya  konsep integrasi.

Sejarah terbentuknya JANUR UKMKI

Tahun 2005-2007 : Terbentuk Forum Silahturahmi Lembaga Dakwah Universitas Airlangga (FSLDUA) , forum ini sama seperti Forum Lembaga Dakwah Fakultas sekarang, namun kala itu forum ini adalah agenda awal yang menjadi pioner konsep integrasi LDF. Karena sebelum tahun 2005, kegiatan JANUR UKMKI terpisah dengan LDF mulai dari kegiatan syiar maupun kaderisasi. Sehingga alumni JANUR UKMKI belum tentu menjadi alumni LDF.  Kala itu FSLDUA dinilai masih belum optimal penyelenggaraannya karena banyak kendala untuk menyatukan LDF di UNAIR. Salah satu penyebabnya adalah adanya anggapan bahwa FSLDUA ini hanyalah forum yang diselenggarakan oleh JANUR UKMKI yang sifatnya tidak mengikat. Selain itu, latar belakang LDF yang sangat beragam menjadi tantangan utama dalam mewujudkan misi integrasi ini di bawah naungan FSLDUA.

Tahun 2007-2009 : JANUR UKMKI mendapat amanah untuk menjadi Pusat Komunikasi Nasional (PUSKOMNAS) LDK Se-Indonesia. Hal ini memacu JANUR UKMKI untuk menjadi LDK yang lebih baik karena saat itu JANUR menjadi rujukan bagi seluruh LDK yang ada di Indonesia. Sehingga konsep integrasilah yang di ambil dalam menyinergikan semua LDF di UNAIR. Dimana bukan hanya JANUR namun LDF juga menjadi aktor dari proker-proker JANUR yang saat itu menjadi kiblat dari seluruh LDK di Indonesia.

Begitu juga saat ini JANUR mendapat amanah menjadi Pusat Komunikasi Daerah (PUSKOMDA) Surabaya Raya yang juga akan menjadi rujukan bagi LDK di wilayah Surabaya Raya. Hal ini menuntut semua LDF di UNAIR dan JANUR UKMKI segera berbenah diri dan dituntut untuk melakukan sebuah perubahan yang lebih baik.

Tahun 2008 sampai sekarang : Mulai dikenalkan konsep INTEGRASI. Integrasi adalah center of dakwah, dimana JANUR UKMI merupakan integrasi itu sendiri karena JANUR UKMKI adalah center of dakwah yang bertugas untuk mengayomi seluruh LDF di UNAIR. Ada 3 fungsi dari JANUR UKMKI sebagai center of Dakwah yaitu : pengayoman, pem-backup-an serta pengkoordiniran bagi seluruh LDF di UNAIR. Sehingga perlu disepakati poin apa saja yang perlu ada dalam integrasi tersebut. Intinya, seluruh LDF di UNAIR harus aktif dan bersama-sama mengevaluasi kinerja JANUR UKMKI agar tercipta integrasi yang baik.

Ada beberapa poin yang ditawarkan JANUR UKMKI dalam pengimplementasian konsep integrase, antara lain :

  1. penyelarasan seluruh proker LDF di unair dengan JANUR UKMKI,
  2. membagi syiar dan kaderisasi dalam 2 ranah fakultas dan universitas,
  3. menjalin hubungan baik dengan pihak lain baik rektorat dan takmir di masjid A,B,C dan pihak luar lainnya,
  4. menjadikan sekre JANUR UKMKI menjadi sekre bersama, serta
  5. menawarkan dan membuat proker dengan pihak lain seperti rektorat, UKM, BEM maupun pihak luar lainnya.

Dengan forum integrasi ini, besar harapan semua yang hadir dalam forum ini dapat mewujudkan Integrasi sesuai dengan keadaan hari ini. Oleh karena itu diskusi yang cukup panjang yang dilakukan dalam forum ini cukup banyak menjawab bagaimana konsep integrasi dan bagaimana LDF berperan hingga pada tingkat departemen yang ada di setiap LDF. Meskipun tidak semua lingkup departemen dibahas, forum ini –paling tidak dapat memberikan gambaran kepada semua LDF untuk menyelaraskan misi dakwah bersama dalam naungan JANUR UKMKI. Semoga tetap istiqomah dengan niat yang lurus dan semoga Allah selalu meridloi setiap langkah kaki kita. (ctr/han)

Allah Ta’ala berfirman,

وَاعْتَصِمُوا بِحَبْلِ اللهِ جَمِيعًا وَلاَ تَفَرَّقُوا وَاذْكُرُوا نِعْمَتَ اللهِ عَلَيْكُمْ إِذْ كُنتُمْ أَعْدَآءً فَأَلَّفَ بَيْنَ قُلُوبِكُمْ فَأَصْبَحْتُم بِنِعْمَتِهِ إِخْوَانًا

“Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai-berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah orang-orang  yang bersaudara”.

(QS Ali Imran : 103)

My Friend My Family. Allahu Akbar!

Advertisements