HOW TO BE A GREAT MUSLIMAH

Oleh : Mbak Nimas Ayu Harfian Putri
Notulis: Yuni Muyasaroh

Keutamaan seorang wanita sholehah sudah disampaikan oleh Rosululloh SAW dalam beberapa hadits diantaranya
“Dunia iu semua menyenangkan dan sebaik-baik kesenangan dunia adalah wanita sholehah” (H.R Muslim dalam Riyadush Shalihin)
dan
“Barang-siapa yang di beri Allâh rezeki berupa isteri yang sholehah, maka sungguh Allah telah menolongnya mendapat separoh dari agamanya. Maka hendaklah ia bertaqwa kepada Allah untuk memperoleh yang separohnya” (H.R At-Thabrani)

Apa sih hakikat hidup manusia?
🔹Yang pertama manusia itu hanya hidup didunia sekali jadi manfaatkanlah waktu yang telah Allah SWT anugerahkan kepada kita dengan baik dengan selalu mengharap rahmat Allah SWT dan ridho-Nya.
🔹Kedua hidup manusia itu terbatas, terbatas oleh ruang dan waktu, maka sepatutnya diisi dengan mengerjakan amal sholeh kapanpun dan dimanapun kita berada. Kemudian kaya, namun kaya dalam hal ini bukan kaya untuk mengejar kepentingan dunia melainkan kaya untuk mengejar kemanfaatannya. Ada dan tiadanya seseorang dalam is lam ditakar dengan seberapa besar manfaat yang dirasakan oleh umat dengan kehadiran dirinya. Sebab Rosululloh SAW pernah bersabda
“Sebaik-baiknya manusia diantara kalian adalah yang paling banyak memberikan manfaat kepada orang lain”. (HR. Ahmad dan Tirmidzi).

Oleh karena itu, tiada dipandang bernilai ketika seseorang melupakan dan meninggalkan kewajiban-kewajiban yang telah diatur oleh islam.
🔹Terakhir kita dilahirkan di dunia untuk hidup dan menjalani semua kehidupan yang merupakan perjalanan dari Allah dan kepada Allah. Sebelumnya kita memikirkan bahwa hidup ini hakekatnya adalah perjalanan, ujian bahkan pertanggungjawaban, kita pasti pernah mempertanyakan dalam diri kita tentang dari mana kita berasal, akan kemana, apa tujuan dari kehidupan dan sebenarnya hanya satu tujuan dari hidup yaitu mencari kebahagiaan disisi Allah SWT.

“Kenapa sih wanita harus menjadi a great muslimah?”
👉 Karena Sebagai anak, seorang muslimah adalah putri yang kebaikannya akan meringankan hisab seorang ayah. Sebagai istri, seorang muslimah adalah pendamping yang ketulusannya akan meninggikan derajat seorang suami. Serta sebagai ibu, seorang muslimah adalah pelita sekaligus madrasah utama bagi anak-anak.
“Bagaimanakah ciri seorang Great Muslimah itu?”
👉 Seorang Great Muslimah itu muslimah yang senantiasa beriman kepada Allah SWT. yang artinya akan selalu menjalankan segala perintah Allah SWT dan akan menjauhi segala larangan Allah SWT karena takut akan siksaan dari Allah yang amat pedih dan tidak akan melakukan perbuatan-perbuatan yang menyimpang dari ajaran agama islam. Selalu bersemangat dan berfikiran positif, Berpenampilan baik dan syar’i dengan selalu menjaga kehormatan dengan cara menutupi auratnya dan menjaga pandangannya. Berakhlak mulia, Great Muslimah adalah muslimah yang selalu meneladai akhlak Rasulullah SAW, para istri-istrinya, shahabiah, dan perempuan-perempuan mulia lain yang telah Allah anugerahkan kepada mereka perangai yang baik. Senantiasa menjaga izzah atau kesuciannya, serta No Eksklusif, tidak berbaur secara berlebihan dengan lawan jenis.
“Bagaimana tips menjadi Great muslimah?”
👉 Seorang muslimah itu harus dekat kepada Allah SWT dengan selalu beribadah kepada-Nya seperti dalam firman Allah dalam Q.S Adz Dzariyat ayat 56 yang artinya
“Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku”.

🌹 Harus mempunyai Secret Missions artinya setiap muslimah itu memiliki keunikan dan keistimewaan masing-masing yang dengan keunikan dan keistimewaannya tersebut bisa dijadikan sebagai sarana untuk mengajak orang lain kepada kebaikan.

 

Advertisements