AMALAN BULAN RAMADHAN

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

Alhamdulillah kita telah memasuki bulan Ramadhan tahun ini, sahabat. Dari Ibnu Abbas r.a., disebutkan bahwa beliau pernah ditanya,”Hari dan bulan apakah yang terbaik dan amal apakah yang paling baik?”, kemudian beliau menjawab,” Hari yang paling baik adalah hari Jumat, Bulan yang paling baik adalah bulan Ramadhan, dan amal yang paling baik adalah shalat tepat waktu.”.

Telah disebutkan bahwa bulan yang paling baik adalah bulan Ramadhan, dan begitu banyak pula keistimewaan bulan Ramadhan dibandingkan dengan bulan lainnya. Dari Abu bakar Al-Waraq, pernah berkata bahwa Bulan Ramadhan adalah bulan memanen dan janganlah kita menyia-nyiakan kesempatan ibadah di bulan Ramadhan.

Perintah untuk berpuasa ini juga terdapat dalam Kitab suci Al-Qur’an, yaitu pada Surah Al-Baqarah ayat 183-184. Dan Allah SWT juga telah menjanjikan pahala yang berlipat ganda pada bulan Ramadhan. Bahkan semua amal ibadah manusia dilipatgandakan sampai 700 kali lipat. Tetapi untuk puasa kita, pahala yang didapat merupakan urusan Allah SWT.

Hal ini disebutkan dalam hadits “Berpuasalah karena tidak ada amalan yang dapat menyamainya” (HR. Nisa’I dan Al Hakim).

Berpuasa sangat bermanfaat bagi kesehatan jasmani dan rohani. Untuk kesehatan jasmani kita, puasa dapat menetralisir segala macam racun dalam tubuh kita.

Terdapat beberapa keutamaan bagi kita yang menjalankan ibadah puasa.
🔸Pertama yaitu puasa akan menumbuh kembangkan rasa kasih sayang kita. Mengapa seperti itu? Karena ketika  berpuasa, kita sudah merasakan pedihnya lapar dan haus serta godaan syahwat lain yang mana banyak orang orang diluar sana yang setiap harinya merasakan pedinya rasa lapar dan haus, sehingga rasa kasih sayang dan iba kita terhadap sesama umat Bergama akan tumbuh.

🔸Kedua yaitu melatih kesabaran kita. Pada saat kita berpuasa, kita sudah tebiasa sabar menahan rasa haus dan lapar serta godaan syahwat lainnya. Sehingga ketika kita sudah tidak di ranah bulan puasa, kita akan tetap melaksanakan kebiasaan sabar kita yang sudah kita bawa dari kebiasaan sabar di bulan puasa tersebut.
🔸Ketiga, puasa akan membiasakan kita bermuqorobah. Muqorobah disini memiliki artian perasaan yakin bahwa Allah SWT senantiasa mengawasi kita setiap waktu. Ketika ita menjalankan ibadah puasa, misalkan pada saat kita sendirian di rumah tidak ada yang menemani, dan pada saat itu juga di dalam rumah kita terdapat banyak sekali makanan. Meskipun begitu, kita tidak membatalkan puasa kita. Hal ini karena kita sejatinya telah melakukan muqorobah.

Kiat yakin bahwa ibadah kita ini diawasi oleh Allah SWT. Dan ketika kita sudah tidak beraada pada bulan puasa, kita akan membiasakan diri kita bermuqorobah, sehingga kita tidak akan berani untuk melakukan maksiat sedikit pun.

Itulah beberapa keutamaan yang kita dapatkan dari ibadah puasa di bulan Ramadhan. Semoga ibadah puasa kita tahun ini dilancarkan dan bertemu dengan Ramadhan di tahun berikutnya. Aamiin.

Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

(Resume KISWAH 19 Mei 2017 dengan pemateri mbak yuana)

#KISWAH
#Kemuslimahan
#JIMMengabdi

Advertisements