NISHFU SYA’BAN

[ KURMA #2 ]

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

Bagaimana kabarnya sahabat ? Semoga dalam keadaan yang selalu dilindungi Allah Aamiin.

Sudah tau kan sahabat kalau hari ini Nishfu Sya’ban? Nah, kali ini kita akan membahas apa itu Nishfu Sya’ban dan amaliyah yang dilakukan pada Nishfu Sya’ban.

NISHFU SYA’BAN

Nishfu artinya penrtengahan, maka malan Nishfy Syaban artinya malam pertengahan bulan Syaban.

Apa keistimewaannya ?

‎مَنْ أَحْيىَ لَيْلَةَ العِيْدَيْنِ وَلَيْلَةَ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ لَمْ يَمُتْ قَلْبُهُ يَوْمَ تَمُوْتُ القُلُوْبُ

Artinya, “Siapa saja yang menghidupkan dua malam hari raya dan malam Nisfu Sya‘ban, niscaya tidaklah akan mati hatinya pada hari di mana pada hari itu semua hati menjadi mati.”

Lalu, apa saja amaliyah yang dilakukan di Nishfu Syaban ?

  1. Membaca Surat Yasin

وَأَمَّا قِرَاءَةُ سُوْرَةِ يس لَيْلَتَهَا بَعْدَ الْمَغْرِبِ وَالدُعَاءِ الْمَشْهُوْرِ فَمِنْ تَرْتِيْبِ بَعْضِ أهْلِ الصَّلاَحِ مِنْ عِنْدِ نَفْسِهِ قِيْلَ هُوَ الْبُوْنِى وَلاَ بَأْسَ بِمِثْلِ ذَلِكَ. (أسنى المطالب فى أحاديث مختلفة المراتب ص 234(

“Adapun pembacaan surat Yasin pada malam Nishfu Sya’ban setelah Maghrib merupakan hasil ijtihad sebagian ulama, konon ia adalah Syeikh Al Buni, dan hal itu tidak apa-apa.” (Asná al-Mathálib, 234)

  1. Berpuasa dan Memperbanyak Dzikir serta Munajat

Imam Ibnu Majjah meriwayatkan didalam kitab sunannya bahwa Rasulullah SAW bersabda :

إذا كانت ليلة النصف من شعبان فقوموا ليلها وصوموا نهارها فإن الله ينـزل فيها لغروب الشمس إلى سماء الدنيا فيقول ألا من مستغفر لى فأغفر له ألا مسترزق فأرزقه ألا مبتلى فأعافيه ألا كذا ألا كذا حتى يطلع الفجر

“Apabila telah datang malam Nishfu Sya’ban, maka beribadahlah pada malam harinya dan berpuasalah pada siang harinya, sesungguhnya (rahmat) Allah turun pada malam itu ke langit yang paling bawah ketika terbenamnya matahari, kemudian Allah menyeru “Adakah orang yang meminta maaf kepadaku, maka akan Aku ampuni. Adakah yang meminta rizqi, maka Aku akan melimpahkan rizqi kepadanya. Adakah orang yang sakit, maka akan Aku sembuhkan”. Dan hal-hal yang lain sampai terbitnya fajar”

Nah, tidak susah kan sahabat? Yuk, kita kerjakan 🙂

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

#JIMMengabdi

#MyFriendMyFamily

Advertisements