Karena Hijrah Tak Hanya Casing

🌼RANGKUMAN KISWAH🌼
(Kajian Islam Wanita Muslimah)
Jumat, 10 Maret 2017

“Karena Hijrah Tak Hanya Casing”

Pemateri : Mbak Arista
Notulis : Nuril Qomariyah Fajrin

myhome_0

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

“Dan diantara manusia ada yg berkata, “kami beriman kepada Allah dan hari akhir,” padahal sesungguhnya mereka itu bukanlah orang-orang yg beriman. Mereka menipu Allah dan orang-orang yg beriman, padahal mereka hanyalah menipu diri sendiri tanpa mereka sadari” [QS Al-baqarah:8-9]
Ayat di atas menjelaskan tentang orang munafik, orang yg menampakkan kebaikan sedangkan menyembunyikan keburukan diri sendiri. Mereka menyangkal menipu Allah tanpa disadari mereka menipu diri mereka sendiri.
Naudzubillah, semoga kita bukan termasuk orang munafik.

Tentang hijrah,
apa makna hijrah itu sendiri? Yg kita tahu secara umum, hijrah yaitu berubah menjadi lebih baik.
Hijrah berasal dari kata hajarah yg artinya berpindah dari suatu tempat ke tempat lainnya atau dari keadaan ke keadaan yg lain. Keadaan disini berarti dari keadaan yg kurang baik menuju keadaan yg lebih baik.

Proses seseorang untuk berhijrah, ketika seseorang itu menerima ilmu, mengambilnya lalu mengamalkannya.

“Hidup adalah pilihan, kita sekarang adalah hasil pilihan kita di masa lalu”
Seseorang yg berhijrah, contoh seorang wanita yg berhijab. Dia berhijab saat ini, merupakan keputusan atau pilihan dia di masa lalu. Nah, berhijrah secara fisik sudah 👌

Lalu, bagaimana agar hijrah tidak hanya casing?

Yang pertama menjaga keimanan dan ketakwaan kita hanya kepada Allah secara terus menerus, karena hijrah itu tidak cukup di awal saja. Iman dan ketakwaan kita harus terus diperbarui agar lebih baik lagi. Jangan merasa sudah baik ketika mengaku hijrah,teruslah memperbaiki diri dari yg baik menjadi lebih baik, dari yg lebih baik menjadi lebih lebih baik lagi.

Yang kedua, banyak belajar dan menjaga ukhuwah.
Selain memperbarui keimanan serta ketakwaan, kita juga bisa memperbarui ilmu kita tentang islam. Semakin kita mengenal islam, semakin mantap jiwa kita untuk berhijrah.
Banyak belajar disini bisa dengan membaca ilmu tentang islam, mengikuti kajian-kajian islami yg sekarang telah ramai diadakan di  masjid-masjid sekitar.
Kemudian ukhuwah yg baik, dengan ukhuwah yang baik kita dapat mengingatkan teman kepada kebaikan. Mengajaknya berjalan bersama di jalan Nya.

Demikian penjelasan dari pemateri kita pada KISWAH 10 Maret 2017 kemarin.

Layaknya sebuah rumah, tidak hanya tampilan depan yg kelihatan bagus, tapi dalamnya juga harus tertata rapi dan bersih.
Sama halnya dengan rumah, hijrah fisik saja belum cukup. Harus ada pelengkap-pelengkapnya, yakni keimanan dan ketaqwaan yg hanya kepada Allah, banyak belajar serta menjaga ukhuwah.

Yuk ngaji! Yuk ikut kiswah! Dapatkan ilmu yg bermanfaat serta sahabat yg insyaAllah dunia akhirat ^^

Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh
🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸
#kemuslimahan
#JIMMengabdi
#MyFriendMyFamilyAllhuAkbar

Advertisements