*LAKUKAN DENGAN HATI*

7073f332df691d96a6c7a064a67c763d_400x400
Oleh : Moh. Wahyu Syafi’ul Mubarok

Ketika masa Aliyahku dulu atau SMA sederajat, saya memiliki seorang teman yang memiliki prinsip hidup cukup menarik. Yaitu lakukan dengan hati. Ia selalu bergumam bahwa cinta akan tumbuh di hati kalau kita mau melakukannya dengan sepenuh hati.

Dan kebetulan tulisan ini nantinya akan berusaha menguraikan lebih dalam mengenai prinsip hidup dari temanku itu. Seorang manusia tidak akan lepas dari yang namanya niat kalau ia ingin berbuat sesuatu. Baik buruknya niat didasari atas suasana hati yang muda – mudi zaman ini biasa menyebutnya dengan mood.

Tak berhenti sampai disitu, apabila niat sudah mampu menggerakkan tubuh ini untuk melaksanakan kegiatan, hasilnya pun akan dipertanyaan apakah baik atau justru terbalik.

Saya yakin hasilnya akan baik dan prosesnya akan menyenangkan apabila kita melakukan segala sesuatunya dengan hati seperti prinsip hidup teman saya.

Lebih jauh, lakukan dengan hati merupakan perwujudan dari sebuah passion. Menurut mas syafriel sosok yang saya temui ketika school of mawapres, ia mengatakan bahwa “living in passion is the new fashion”. Hidup di dunia yang benar – benar kita maka akan mengantarkan kita ke model kehidupan yang baru. Semua dimulai dari lakukan dengan hati.

Namun kadangkala bab kehidupan kita berada pada paragraf ujian. Sehingga tak jarang timbul rasa putus asa yang mengurangi semangat dalam berkarya. Tak ada pilihan lain selain kembali menguatkan hubungan kita dengan sang pencipta.

Bukankah Allah sudah menulis di Al – Qur’an pada surat Al – Ikhlas ayat 2 bahwa Ia adalah sebaik – baik tempat bergantung. Jadi tidak perlu kiranya kita mencari tempat bergantung yang lain semisal di pohon asem. Karena Allah tidak pernah keberatan apabila harus mendengar keluh kesah hambanya. Walaupun tidak ada bahu untuk bersandar, yakinlah selalu ada lantai untuk bersujud.

Jadi mari selalu tanamkan dalam diri kita untuk melakukan segala sesuatunya dengan hati. Artinya timbul ke ikhlasan dalam diri yang semoga dibalas dengan ridho ilahi. Karena percuma kita melakukan sesuatu tidak dengan hati, ujung – ujungnya pasti sakit hati 😁😊

*Sendangagung, 22 Januari 2017

#SemangatBeraktivitas 😊🙏

Advertisements