“Perlukah Muhasabah Diri?”

Disampaikan oleh Mbak Yousida

Dalam menjalani hidup, kita sebagai manusia terkadang banyak membuat kesalahan terhadap apa yang telah kita perbuat. Oleh karena itu, kita membutuhkan muhasabah. Muhasabah, apa sih itu muhasabah? Mengapa kita membutuhkannya? Muhasabah ialah instropeksi terhadap apa yang telah kita lakukan dan berniat untuk memperbaikinya. Kita sebagai manusia yang tidak lepas dari kesalahan sangat membutuhkan muhasabah karena muhasabah akan membawa diri kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan muhasabah merupakan sifat hamba ALLAH SWT yang bertaqwa.

Orang yang bertaqwa akan membawa bekal sebaik baiknya bekal untuk kehidupan di akhirat nanti, tetapi sering kali muncul rasa bosan, kesal dan futur yang bisa menjadikan iman kita turun. Ketika kita mengalami perasaan perasaan yang tidak baik itu, maka hendaklah kita menyegerakan diri untuk muhasabah diri. MUhasabah nantinya akan membawa kita pada taubatan nasuhah.

“Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap orang memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh, Allah Mahateliti teerhadap apa yang kamu kerjakan”

(QS. Al-Hasyr: 18)

 

 

 

 

 

 

Dalam ayat tersebut disebutkan bahwa kita sebagai orang yang beriman harus memperhatikan apa yang telah kita perbuat untuk bekal kita di akhirat nanti. Yang mana hal ini sangat berkaitan dengan pengertian Muhasabah diri. Orang yang rajin melakukan muhasabah pada akhirnya akan merubah fikiran dengan memandang ujian dan kesenangan yang dilalui adalah hadiah dan tarbiyah dari Allah SWT.

Pada saat kita melakukan muhasabah diri, kita sering memberikan peraturan untuk mengontrol diri kita. Tetapi kadang kita tidak menaati peraturan yang telah kita buat, dan memberi excuse excuse tersendiri terhadap kesalahan yang kita perbuat. Nah, untuk menghindari hal itu agar tidak menjadi kebiasaan untuk memberi keringanan pada kesalahan yang dilakukan , yang harus kita lakukan adalah tetap memaksa diri kita untuk melakukan punishment terhadap diri kita. Sehingga muhasabah pada diri kita dan untuk kebaikan diri kita akan terlaksana dengan baik.

 

“Jangan pernah menangis karena kita punya Allah SWT, segala cobaan, ujian, dan kesenangan itu hanyalah satu paket yang diberikan hanya untuk menunjukkan siapa kita, dan kepada siapa kita bersandar dan memohon pertolongan”

Advertisements