Ukhuwah Adalah Cermin Kekuatan Iman

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Oleh : Ninis (alumni FKM UNAIR)

Ukhty, sebelum membahas tentang judul kajian hari ini yuk sama-sama ketahui dulu keutamaan menghadiri sebuah majalisul ilm. Alasan dari banyak kaum muslim yang gemar menghadiri sebuah majelis ilmu adalah karena

  • Senantiasa diiringi malaikat
  • Mendapat nikmat Allah swt
  • Allah memberikan ketenangan hati bagi orang-orang hadir
  • Allah juga senantiasa menyebutkan nama-nama malaikat, nabi, dan orang-orang sholih.

Majelis ilmu dapat terwujud karena adanya sebuah kebersamaan yang dibentuk karena adanya rasa persaudaraan, sedangkan persaudaraan atau ukhuwah ini terjadi karena adanya cahaya iman dalam hati sesesorang. Dalam proses menjalin sebuah persaudaraan, ada sikus kebaikan yang terjadi sebagai berikut :

  1. Menjaga ucapan. Sesungguhnya lisan manusia adalah layaknya dua mata pedang yang sangat tajam, kita dapat menyakiti orang dengan bermodalkan ucapan saja dan akibat yang ditimbulkan sangat besar hingga melebihi pembunuhan. Di sisi lain, lisan dapat membangkitkan orang yang terpuruk dalam jurang keputusasaan menjadi bangkit dan berlari lagi. Kita tidak pernah tau sebesar apa kekuatan ucapan yang keluar dari kedua bibir kita maka alangkah bijaknya jika kita sangat berhati-hati dalam berkata-kata.
  2. Tidak membuang-buang waktu dengan kegiatan yang tidak bermanfaat, sehingga lupa dengan akhirat. Usia muda adalah usia dimana rasa ingin tahu akan sesuatu itu sangat besar, ingin melakukan dan mencoba banyak hal. Tapi hendaknya diingat bahwa cerdas dalam memilih aktivitas itu akan menentukan akan jadi apa seorang pemuda nanti, karena Allah swt akan menanyakan kepada kita apa yang kita lakukan saat di usia muda dan mempertanggungjawabkannya.
  3. Jangan marah atau laa taghdhob. Amarah itu panas dan datangnya dari syetan, jika kita tidak ingin berteman dan bersekutu dengannya maka jadilah orang yang tidak mudah marah namun suka memaafkan.
  4. Mencintai saudaranya seperti mencintai drinya sendiri. Jika kita mampu melakukan ini menunjukkan bahawa tigkatan ukhuwah yang kita miliki terhadap saudara kita telah memasuki tahap yang lebih tinggi.

 

Ikhwah, seperti yang telah dikatakan di awal bahwa imanlah yang mendasari kokohnya sebuah ukhuwah. Dibawah ini adalah 3 realisasi dari kesempurnaan iman :

  1. Mencintai kebaikan untuk saudaranya
  2. Bersegera memberi nasehat manakala saudaranya lalai
  3. Segera memaafkan dan memenuhi hak saudaranya

Dengan kesempurnaan iman yang dimiliki kita dapat menjaga dan mempertebal ukhuwah antara saudara kita. Sebagaimana diriwayatkan “Tidaklah beriman seseorang diantara kalian hingga mencintai saudaranya seperti mencintai dirinya sendiri.” Dalam surat Al-Hujurat ayat 10 dijelaskan bahwa sesama muslim adalah bersaura maka hendaknya kita menjaganya sampai di akhirat kelak.

Namun,ada 6 factor yang patut kita waspadai menjadi perusak ukhuwah yaitu :

  1. Suka mengolok-olok
  2. Mencaci atau menghina orang lain
  3. Memanggil dengan sebutan yang buruk.
  4. Berburuk sangka
  5. Mencari-cari kesalahan
  6. Bergunjing

Saya rasa cukup untuk diskusi kita hari ini, semoga bermanfaat.

Akhirul Kalam.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Resume dan ditulis kembali oleh tim kemuslimahan JIMM FST

#KISWAH

#Kemuslimahan_Ceriwis

#BidadariBeransel

#JIMM_Melangkah

 

Advertisements