Ramadhan Ceria – SemarakRamadhan2016

Assalamu’alaikum wr. wb

“Semarak Ramadhan” adalah nama salah satu proker departemen Syiar milik Badan Seni Otonom JIMM FST UNAIR Surabaya. Semarak Ramadhan hampir diadakan setiap tahun, dan untuk ramadhan tahun ini mengambil tema “Memperkuat Ukhuwah Persaudaraan dan Persatuan Umat di Bulan Suci Ramadhan”

“Semarak Ramadhan” tahun ini diketuai oleh saudara Ilham Alif Furqon – Teknobiomedik 2015, dan proker ini terdiri dari beberapa rangkaian acara, di antaranya adalah bukber, tarawih, dan do’a bersama menjelang UAS se-FST, Takjil On the Road (TOR), dan santunan untuk anak panti asuhan.

Agenda pertama yaitu bukber, sholat tarawih, dan do’a bersama menjelang UAS se-FST. Acara ini diadakan pada hari Kamis tanggal 9 Juni 2016 pukul 16.30 WIB sampai pukul 20.30 WIB dan berlokasi di masjid Ulul Albab FST UNAIR. Diawali dengan pembacaan sholawat nabi bersama, pembacaan tilawatil Qur’an, dan kultum keagamaan oleh Ustadz Fatkhur. Dilanjutkan dengan buka bersama, sholat maghrib, sholat isya’ dan tarawih berjamaah, dan do’a bersama menjelang UAS. Pada acara ini tercatat dihadiri oleh dosen, mahasiswa, dan karyawan dari FST sejumlah kurang lebih 200 orang.

IMG_0587.JPG
Kultum oleh Ustadz Fatkhur

Agenda kedua yaitu Takjil On the Road (TOR), yaitu semacam kegiatan berbagi takjil di jalan raya. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 10 Juni 2016 dan berlokasi di jalan raya sekitar kampus C UNAIR Surabaya. Baik panitia maupun para pengguna jalan terlihat antusias dalam kegiatan ini.

 

Agenda ketiga yaitu santunan untuk anak panti asuhan. Kegiatan ini diadakan pada hari Ahad tanggal 19 Juni 2016 pukul 15.00 WIB sampai pukul 19.00 WIB dan berlokasi di Panti Asuhan Ashabul Kahfi yang terletak di Jl. Mulyosari Raya 57 Surabaya. Ada beberapa rangkaian acara menarik yang telah disiapkan panitia untuk menyambut anak-anak asuh di panti tersebut. Diawali dengan pembacaan tilawatil Qur’an oleh saudara Ahmad Fauzi – Biologi 2014 dan sari tilawahnya (terjemah) oleh saudari Ainun Najah – Teknobiomedik 2015, dan dilanjutkan dengan sambutan ketua panitia, ketua JIMM yang mana beliau berhalangan hadir dan diwakilkan oleh saudara Fuad Azhari, dan Bapak Burhan selaku pengasuh panti asuhan Ashabul Kahfi.

 

Acara selanjutnya yaitu Focus Group Discussion (FGD), yaitu semacam kegiatan diskusi kelompok yang mana masing-masing kelompok memiliki topik masalah yang berbeda yang berhubungan dengan bulan romadhon dan dilanjutkan dengan presentasi. Kelompok terbaik akan mendapatkan hadiah menarik. Selain diskusi, di sela-sela kegiatan juga disisipi game. Walaupun gamenya sederhana, namun mampu memecahkan suasana di panti asuhan tersebut. Hal itu dikarenakan semangat, keceriaan, dan antusiasme yang tinggi oleh anak-anak panti asuhan Ashabul Kahfi yang terhitung ada sekitar 40 anak. Disinilah rasa kekeluargaan itu muncul, tak ingin rasanya berpisah dengan anak-anak hebat seperti mereka.

Mereka memang anak-anak yang hebat, mereka mampu bertahan sampai sejauh ini meskipun jauh dari orang tua dan bahkan ada beberapa di antara mereka yang sudah tidak memiliki keluarga lagi. Mari kita renungkan dengan keadaan diri kita saat ini, sungguh suatu pelajaran berharga bagi kita semua. Kita patut bersyukur karena masih memiliki apa yang tidak mereka miliki, kita harus tetap bertahan dan menjalani hidup dengan sepenuh hati dan ikhlas lillahi ta’ala walaupun dengan keterbatasan dan kekurangan.

 

Semoga dari serangkaian acara “Semarak Ramadhan” ini, kita mampu mengambil ibrah dan pelajaran hidup yang kemudian diterapkan dalam kehidupan sehari-hari kita. Semoga romadhon tahun ini kualitas ibadah kita semakin baik dari tahun sebelumnya, dan untuk tahun depan harus lebih baik daripada tahun ini.

Selamat berpuasa, dan sampai jumpa di “Semarak Ramadhan” selanjutnya. Taqabbalallaahu minna wa minkum taqabbal yaa kariim.. shiyamana wa shiyamakum.. kullu aamin wa antum bi khaiir. (laili)

Wassalamu’alaikum wr. wb

Advertisements