Real Muslimah No Tabarruj

(Oleh : Ukhti Sisvia)

Assalamu’alaikum, bagaimana kabarnya hari ini ?

Pada kesempatan hari ini kami membahas tentang tabarruj. Apa sih tabarruj itu ?

Kata tabarruj allah sebutkan dalam al-qur’an di surat al-azhab ayat 33 yang artinya,

“hendaklah kalian (para wanita) tetap di rumah kalian dan janganlah kalian bertabarruj dan seperti tabarruj orang jahiliyyah yang dahulu..”. (QS. Al-ahzab: 33)

Sedangkan secara bahasa tabarruj adalah berdandan untuk bukan mahramnya, berdandan untuk menarik perhatian, jalan berlenggak lenggok. Sebagai musimah sejati kita harus bisa menjaga diri dari segala bentuk kemaksiatan.

Perbuatan yang termasuk kategori tabarruj

  1. Menggunakan pakaian yang tipis dan ketat

Penampilan adalah suatu hal yang menjadi pusat perhatian. Kita sebagai seorang muslimah berkewajiban untuk menutup aurat. Dalam berpenampilan hendaklah kita mengikuti syari’at-syari’at islam. Bagimana sih cara berpakaian menurut syari’at islam itu ? islam melarang kita untuk berpakain tipis (menampakkan warna kulit) dan berpakaian yang ketat. Karena itu semua akan mengundang syahwat bagi yang melihatnya. Bagaimana jika kita ingin berolahraga ? apakah tidak mengganggu apabila menggunaan pakaian yang longgar ? tidak, allah tidak akan menyusahkan umatnya untuk berbuat baik. Kita menggunakan rok atau celana yang menyerupai rok pun tidak apa-apa dan itu tidak akan menggangu selama kita berolahraga. Bukan berarti kita tidak boleh berolahraga. Menggunakan baju syar’I tidak akan mengganggu aktivitas kita.  Bagaimana jika kita ingin berenang ? pada umumnya pakaian renang itu ketat, kita boleh berenang asalkan di tempat renang yang khusus untuk muslimah, agar aurat kita tida dilihat oleh orang yang bukan muhrimnya.

  1. Memakai kerudung yang tipis dan tidak menutupi dada

Apa sih fungsi kerudung itu ? fungsi kerudung adalah untuk menutup bagian kepala kita (rambut) sampai dada. Yang dalam istilah islam adalah berhijab. Jika kita memakai kerudung yang tipis, warna rambut akan tetap kelihatan. Apakah boleh jika kita berkerudung tapi di buat bermodel ? boleh, asalkan tetap dalam syari’at islam (menutup rambut sampai dada) dan yang perlu di ingat, jangan sampai kita menjadi pusat perhatian kaum adam. Misalnya menggunakan warna yang mencolok dan aksesoris yang berlebihan. Sebaiknya dalam berpenampilan kita harus kondisional atau menyesuaikan dengan keadaan dan lingkungan sekitar. Jangan menjadi minoritas yang nantinya menjadi pusat perhatian. Dan berhati-hatilah untuk memutuskan berdandan ketika bercampur dengan laki-laki.

  1. Parfum yang sampai tercium oleh laki-laki

Boleh apa enggak sih seorang muslimah menggunakan parfum ? boleh boleh aja tapi tidak boleh berlebihan. Semua itu sudah ada porsinya. Kita tidak boleh memakai parfum yang menyengat atau yang berbau dominan sampai orang di sekitar kita menciumnya. Balik lagi, itu adalah termasuk hal tabarruj. Rasulullah SAW bersabda “ketahuilah, parfum lelaki adalah yang tercium baunya, dan tidak terlihat warnanya. Sedangkan parfume wanita adalah yang tampak warnanya dan tidak tercium baunya”. (HR. imam ahmad dan abu dawud)

Advertisements