Reportase Jaulah JRMN Wilayah V di UNESA

jrmnJimmunair.wordpress.com – Barokallahu, Alhamdulillah. Kemarin, Ahad (7/2) empat delegasi dari JIMM yaitu Ahmad Fauzi (Biologi 2014), Adhe Rahmatullah (Teknobiomedik 2015), Cici Tya Rahmawati (Biologi 2014) dan Heni Kharismawati (Matematika 2014) usai menghadiri Jaulah JRMN wilayah V yang diselenggarakan oleh LDF FMIPA Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Qolbun Salim. Diselenggarakannya jaulah ini selain untuk menjalin silaturrahim antar LDF yang tergabung dalam JRMN di wilayah V juga sekaligus membahas narasi/ide yang akan disampaikan di MUSYKERNAS JRMN yang insyaAllah akan diselenggarakan pada tanggal 12-14 Februari 2016 di UNY. JRMN Wilayah V sendiri terdiri dari LDF-LDF yang berada di Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara. Alhamdulillah dalam acara jaulah kemarin dihadiri oleh teman-teman LDF dari UNAIR 4 orang, Universitas Negeri Jember (UNEJ) 4 orang, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) 1 orang, dan tentunya dari UNESA 14 orang. Dengan mengangkat tema “Dengan Jaulah, Kita Tingkatkan Semangat Ukhuwah”, diharapkan setelah jaulah ini semangat LDF dalam berdakwah di lingkungan kampus masing-masing akan terus meningkat.

12657290_757006817767362_7494804458256502155_o
Foto bersama seluruh delegasi Jaulah JRMN Wilayah V

 

Jaulah ini dimulai pada pukul 10.30 WIB dan dibuka oleh akh Isomul dari Qolbun Salim UNESA. Dilanjutkan dengan tilawah dan sambutan yang disampaikan oleh Akh Fauzi selaku perwakilan UNAIR yang sebelumnya sudah diamanahi sebagai BP (Badan Pekerja) di wilayah V. Badan Pekerja sendiri bertugas sebagai penghubung komunikasi/koordinasi di wilayah V secara internal. Fauzi juga merupakan anggota dari tim formatur pada Musyawarah Nasional (MUNAS) JRMN 2015 di IPB bulan Oktober 2015 lalu. Acara dilanjutkan dengan penyampaian kajian yang oleh ustadz Indra Barata dari UNESA. Beliau menekankan bahwa ukhuwah merupakan hal yang sangat penting, melalui ukhuwah kita bisa mendapatkan sahabat yang nantinya merupakan cahaya/petunjuk jalan untuk menuju surga. Acara dilanjutkan dengan sholat Dzuhur berjamaah, makan siang, dan berlanjut ke acara inti yakni diskusi mengenai persiapan menuju MUSYKERNAS JRMN 2015-2017. Dalam diskusi kala itu, akh Isomul bertugas sebagai moderator dan akh Fauzi sebagai narasumber.

12710916_757167677751276_7401159769281301282_o
Di sela-sela acara 🙂

 

Adapun hasil dari diskusinya adalah sebagai berikut :

  1. Berdasarkan MUSYKERNAS tahun 2014 di Semarang, JRMN memiliki 4 komisi, yaitu Kaderisasi, Isu dan Syiar, Jaringan dan Ekspansi, dan Keakhwatan. Pada diskusi kemarin, peserta sepakat untuk membahas jaulah atau ritme koordinasi di wilayah V dan tidak membahas proker untuk diusulkan pada masing-masing komisi JRMN. Tetapi forum sepakat untuk siap menjalankan proker dari JRMN nasional, jika diberikan.
  2. Tiap-tiap LDF di wilayah V harus mempunyai sense of belonging atau kesadaran untuk memiliki/mengakui bahwa JRMN merupakan bagian yang berintegrasi dalam diri tiap LDF. Maka diperlukan upaya-upaya untuk mewujudkan hal tersebut. Upaya-upaya tersebut antara lain : a) Memperbaiki sistem jaringan/komunikasi baik di intern wilayah V maupun antara wilayah V dengan pusat/nasional. Dari ide yang dipaparkan, tiap LDF diharapkan memiliki bagian pengurus yang khusus berhubungan dengan JRMN. Sistemnya tergantung bagaimana tiap LDF mengemasnya; b) Menjadikan JRMN sebagai materi/kurikulum wajib yang harus disampaikan selama proses pengkaderan; c) Visualisasi logo JRMN pada jaket, banner, poster, dan atribut lainnya yang bersangkutan dengan kegiatan tiap LDF. d)Memanfaatkan medsos sebagai media komunikasi, misal sharing proker, atau saling berbagi semangat dakwah; d) Mengajak kader-kader baru saat diadakannya jaulah/pertemuan yang berkaitan dengan JRMN agar regenerasi pengetahuan tentang JRMN tetap ada; e) Menjalin hubungan dengan alumni dalam rangka menjaring informasi terkait JRMN di masa-masa sebelumnya.

Hasil-hasil tersebut nantinya akan didiskusikan kembali saat MUSYKERNAS JRMN 2015-2017 di UNY. Dari JIMM sendiri insyaAllah akan memberangkatkan empat delegasi, yaitu Fauzi, Kholil, Shiddiq, dan Adhe. Mohon doanya, semoga perjalanan mereka diberikan kelancaran oleh Allah SWT.

12646731_757006814434029_4080534721285735583_o
Pemberian Kenang-kenangan dari Qolbun Salim UNESA kepada JIMM UNAIR.

 

Diskusi diakhiri, dan dilanjut dengan doa penutup oleh akh Imam Sya’roni dari UNESA. Kemudian dilanjutkan dengan sesi foto bersama, lalu pulang. Alhamdulillah, meskipun cuaca mendung dan gerimis, namun ukhuwah tetap berjalan dan semakin hangat. Jadi teringat perkataan Sayyid Quthb,

“Persaudaraan adalah mukjizat, wadah yang saling berkaitan, dengannya Allah persatukan hati-hati berserakan. Saling bersaudara, saling merendah lagi memahami, saling mencintai, dan saling berlembut hati.”

#JIMM #MyFriendMyFamily

#JRMN #tobeQuranicScientist

(hkh/ctr)

Advertisements

2 thoughts on “Reportase Jaulah JRMN Wilayah V di UNESA”

Comments are closed.