[DESKRIPSI LOMBA] LKTA

LKTA (Lomba Karya Tulis Al-Quran)

1. Definisi LKTA (Lomba Karya Tulis Al-Quran)
LKTA merupakan lomba menulis karya ilmiah tentang ilmu pengetahuan dan kehidupan sosial yang dikaitkan dengan isi kandungan Al-Quran.

2. Tema
a. Sistem pendidikan yang tepat untuk meningkatkan jiwa intelek muslim dan diintegrasikan dengan Alquran.
b.   Pembangunan sikap muslim kreatif kompetitif untuk turut mengembangkan teknologi dan diintegrasikan dengan Alquran.
c. Pemanfaatan sumber daya alam sebagai inovasi dalam bidang saintek dan diintegrasikan dengan Alquran.
Judul karya tulis : bebas dengan mengacu pada ketiga tema di atas
3. Peserta
a.    Peserta merupakan pelajar aktif tingkat SMA/SMK/MA/sederajat yang beragama Islam dan berusia kurang dari 20 tahun.
b.    Satu tim terdiri dari 3 orang, dengan 1 orang menjadi ketua dan yang lainnya sebagai anggota serta berasal dari sekolah yang sama.
c.   Satu tim hanya diperbolehkan mengirim maksimal 2 karya dengan ketua tim yang berbeda.
d.    Setiap siswa hanya diperbolehkan menjadi ketua pada 1 karya tulis.
e.   Tim yang telah mendaftarkan diri tidak diperkenankan mengganti anggotanya selama rangkaian acara ISEF (Islamic Science and Technology Fair).
f. Finalis memakai seragam atau almamater sekolah masing-masing saat mempresentasikan karyanya.
4. Penghargaan dan Hadiah
a.       Semua peserta mendapatkan sertifikat.
b.      Pemenang mendapatkan penghargaan dan hadiah sebagai berikut :
Juara I : Rp 2.500.000,00 + Trofi + Sertifikat
Juara II : Rp 2.000.000,00 + Trofi + Sertifikat
Juara III : Rp 1.500.000,00 + Trofi + Sertifikat
5. Ketentuan Kompetisi
a.      Setiap peserta wajib mengisi formulir pendaftaran online di isefjimm.blogspot.com
b.   Tahap pendaftaran dan pengumpulan abstrak dimulai pada tanggal 18 Agustus 2015 s.d 25 September 2015. Peserta wajib mengirim abstrak, dan formulir pendaftaran dalam bentuk softcopy ke alamat email jimmfst15@gmail.com dalam format pdf dengan subjek dan nama file ISEF2015_LKTA_(Nama ketua tim)_(Nama Sekolah)_(Judul abstrak)
c.       Pengiriman abstrak tidak dipungut biaya/gratis.
d.    Pengumuman seleksi abstrak akan dilaksanakan pada tanggal 05 Oktober 2015 dan dapat dilihat di laman isefjimm.blogspot.com
e. Peserta yang lolos seleksi abstrak berhak melakukan tahap selanjutnya yaitu pengiriman Full LKTA dan wajib membayar biaya registrasi sebesar Rp75.000,00 per tim ke No.Rekening Mandiri 109-00-1401922-8 a.n Myanita Astuti dan selanjutnya melakukan konfirmasi pembayaran melalui sms dengan format: ISEF2015_LKTA_(Nama ketua tim)_(Nama Sekolah)_(Judul karya tulis)_(Jam pembayaran)_(Bank Pentransfer) ke nomer 085736274697 (Retno Septyaningrum).
f.     Pengiriman Full LKTA dalam bentuk softcopy dan hardcopy (cap pos) dengan ketentuan sebagai berikut :
ü Softcopy karya tulis dikirim dalam format PDF dengan melampirkan bukti pembayaran dan scan Kartu Pelajar dalam format JPG atau JPEG melalui email jimmfst15@gmail.com dengan format subjek dan judul: ISEF2015_LKTA_(Nama ketua kelompok)_(Nama Sekolah)_(judul karya tulis), peserta yang telah mengirim full karya tulisnya wajib melakukan konfirmasi melalui sms dengan format ISEF2015_LKTA_(Nama ketua kelompok)_(nama sekolah)_(judul karya tulis) ke nomer 085704103252 (Ely Tri Wijayanti).
ü  Hardcopy terdiri dari 3 rangkap dengan jilid cover biru dengan melampirkan fotocopy kartu pelajar dan bukti pembayaran registrasi dikirim ke sekertariat JIMM Masjid Ulul Albab Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga, Mulyorejo, Surabaya, Jawa Timur Kode pos 60115 dalam amplop warna cokelat dengan tulisan LKTA ISEF 2015 pada amplop (boleh tulis tangan).
g.     Batas Akhir pengumpulan full LKTA pada 20 Oktober 2015 dan finalis akan diumumkan pada 07 Oktober 2015 di isefjimm.blogspot.com
h. Peserta yang lolos seleksi full LKTA berhak mengikuti Grand Final dengan mempresentasikan hasil karyanya menggunakan ppt atau alat peraga lainnya di hadapan dewan juri yang diselenggarakan di kampus Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga pada tanggal 14 November 2015.
i.      Peserta yang menjadi juara akan diumumkan dalam acara Tabligh Akbar yang akan diselenggarakan pada tanggal 15 November 2015 di Airlangga Convention Center, Universitas Airlangga.
j.        Keputusan juri bersifat mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.
6. Sifat Tulisan
a.   Karya merupakan penjabaran dari ayat suci Al-Quran yang sekaligus menjadi pedoman atau landasan utama dari Karya Tulis Alquran.
b.    Karya adalah hasil telah kritis terhadap suatu permasalahan ataupun isu yang mutakhir dan atau aktual serta didukung oleh dalil-dalil dalam Alquran, As-Sunnah, karya pemikiran ulama (kitab), dan sumber literatur mutakhir yang sedang berkembang (buku, jurnal ilmiah, dan sumber lainnya) yang sesuai dengan
c.       Karya tulis dapat berupa hasil telaah pustaka maupun penelitian eksperimen.
d.   Karya bersifat orisinil, belum pernah dipublikasikan dan belum pernah diikutsertakan dalam perlombaan sejenis sebelumnya.
e. Penulisan dilakukan secara sistematis dan logis dengan menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar, dengan menggunakan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).
f.       Jika terjadi kecurangan dalam bentuk apapun, peserta akan didiskualifikasi oleh panitia.
g.    Karya tulis yang dikirimkan menjadi hak milik panitia sepenuhnya, namun hak cipta pada milik penulis/Tim.
7. Time Line Lomba

      18 Agustus -25 September 2015: Pendaftaran dan Pengumpulan Abstrak

05 Oktober 2015                        : Pengumuman Abstrak

20 Oktober 2015                        : Pembayaran dan Pengumpulan Full LKTA

07 November 2015                    : Pengumuman Finalis

13 November 2015                    : Technical Meeting

14 November 2015                    : Grand Final

15 November 2015                    : Pengumuman pemenang LKTA saat Tabligh Akbar

Keyword: Lomba, Festival, Dies Natalis Unair, Islam, LKTA, Universitas Airlangga

Advertisements

17 thoughts on “[DESKRIPSI LOMBA] LKTA”

  1. salam
    maaf saya menanyakan terkait dengan ketentuan lomba. apakh lombanya hanya berkaitan dengan al qur'an yang dihubngkan dengan teknologi saja? terimah kasih

  2. Kalau LKTA, memang tentang Al-Quran, namun tidak hanya dihubungkan dengan teknologi saja. Tergantung memilih tema yang mana. tema sudah tertera di pedoman LKTA poin ke 2. Terdapat banyak pilihan, diantaranya:
    a. Sistem pendidikan yang tepat untuk meningkatkan jiwa intelek muslim dan diintegrasikan dengan Alquran.
    b. Pembangunan sikap muslim kreatif kompetitif untuk turut mengembangkan teknologi dan diintegrasikan dengan Alquran.
    c. Pemanfaatan sumber daya alam sebagai inovasi dalam bidang saintek dan diintegrasikan dengan Alquran.

  3. Wassalamu'alaykum… abstrak adalah bagian dari sebuah karya tulis. Abstrak memuat isi keseluruhan karya, mulai dari latar belakang, tujuan, landasan teori yang mendukung, metode penelitian, pembahasan,dan kesimpulan, tetapi ditulis dalam bentuk yang ringkas maksimal 250 kata. di pedoman sudah ada penjelasannya. silakan diunduh di https://drive.google.com/file/d/0B7NqNzIvTxtTNHJNaHhVV19fLVU/view

    untuk finalisnya Insya Allah diambil 10 tim.

  4. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini http://www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis 🙂

Comments are closed.