Ramadhan Tiba

Assalamu’alaikum, sahabat muslim 🙂

Tak terasa bulan Ramadhan tinggal hitungan hari. Kira-kira apa saja yang perlu kita persiapkan untuk menyambut bulan suci Ramadhan ? Nah berikut ini ada 4 persiapan yang bisa muslim dan muslimah persiapkan, yaitu Persiapan ma’nawiyah (spiritual), Persiapan fikriyah (akal), Persiapan jasadiyah (fisik), dan Persiapan maliyah (materi).
Rangkuman ini di bersumber dari buku saku “Panduan Ibadah Ramadhan & Idul Fitri” yang disusun oleh Agung Cahyadi, MA. Sedangkan Artworknya dibuat oleh Umi DA.
“4 PERSIAPAN MENJELANG RAMADHAN 1436 H”

1. Persiapan Ma’nawiyah (spiritual)

Persiapan ma’nawiyah bisa dilakukan dengan memperbanyak ibadah sebelum Ramadhan tiba, seperti memperbanyak puasa sunnah, membaca Al-Qur’an, berdo’a, berdzikir dan lain-lain.

2. Persiapan Fikriyah (akal)

Persiapan fikriyah dapat dilakukan dengan mendalami ilmu, khususnya ilmu yang berkaitan dengan ibadah Ramadhan, dan lebih khusus lagi ilmu yang terkait dengan puasa, agar memiliki wawasanmyang benar tentang Ramadhan dan puasa Ramadhan, hingga nantinya ketika menjalani ibadah Ramadhan dapat melakukannya dengan optimal dan dapat meraih hasil yang maksimal.

3. Persiapan Jasadiyah (fisik)

Persiapan jasadiyah dapat dilakukan dengan menjaga kesehatan, diantaranya dengan cara berolahraga, menjaga kebersihan rumah dan lingkungan, dan hanya mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal, sehat dan menyehatkan. Ini penting karena rangkaian ibadah yang telah terformat selama Ramadhan hanya akan bisa dilaksanakan dengan optimal oleh orang yang memiliki kesehatan prima.

4. Persiapan Maliyah (materi)

Persiapan maliyah bisa dilakukan dengan menabung sebagian harta kita sebagai bekal berinfaq selama Ramadhan.

Subhanallah, semoga kita semua bisa dipertemukan dengan bulan Ramadhan. Aamiin..

Semoga bermanfaat 🙂

Advertisements