Puasa Ayyamul Bidh?

Assalamu’alaykum sahabat JIMM

Mau ngeREMINDER nih, udah H-1 nih.

H-1 apa sih? Ayyamul Bidh

puasasunnahpertengahanbulanayyamulbidh-1

Ada yang udah pernah denger guys? Ayyamul Bidh atau bulan putih, menurut beberapa referensi nih karena pada malam-malam tersebut bersinar bulan purnama dengan sinar rembulan yang putih yaitu tanggal 13, 14, 15 bulan Hijriyah (qomariyah). Nah puasa ini disunahkan 3 hari di setiap tanggal 13, 14, 15 Hijriyah. Kebetulan nih di bulan Jumadil Awal ini bertepatan pada hari Jumat (14 Maret 2014), Sabtu (15 Maret 2014), Minggu (16 maret 2014) Insha Allah.

Keutamaannya apa sih puasa Ayyamul Bidh ini? Insha Allah keutamannya banyak guys, diantaranya nih buat bekal akhirat, seperti puasa 1 bulan nah jika dirutinkan setiap bulan, Subhanallah seperti puasa 1 tahun ya guys? Baik juga buat kesehatan.

Sunah dong ini, min?

He’eh sunah.

Wah ada hadist nya ga nih min?

Ada dong, Nah berikut dalil yang mendasari puasa Ayyamul Bidh ini guys, langsung aja cekidot :

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,

أَوْصَانِى خَلِيلِى بِثَلاَثٍ لاَ أَدَعُهُنَّ حَتَّى أَمُوتَ صَوْمِ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ ، وَصَلاَةِ الضُّحَى ، وَنَوْمٍ عَلَى وِتْرٍ

Kekasihku (yaitu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam) mewasiatkan padaku tiga nasehat yang aku tidak meninggalkannya hingga aku mati: 1- berpuasa tiga hari setiap bulannya, 2- mengerjakan shalat Dhuha, 3- mengerjakan shalat witir sebelum tidur.” (HR. Bukhari no. 1178)

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

صَوْمُ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ صَوْمُ الدَّهْرِ كُلِّهِ

Puasa pada tiga hari setiap bulannya adalah seperti puasa sepanjang tahun.” (H

R. Bukhari no. 1979)

Dari Abu Dzar, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda padanya,

يَا أَبَا ذَرٍّ إِذَا صُمْتَ مِنَ الشَّهْرِ ثَلاَثَةَ أَيَّامٍ فَصُمْ ثَلاَثَ عَشْرَةَ وَأَرْبَعَ عَشْرَةَ وَخَمْسَ عَشْرَةَ

Jika engkau ingin berpuasa tiga hari setiap bulannya, maka berpuasalah pada tanggal 13, 14, dan 15 (dari bulan Hijriyah).” (HR. Tirmidzi no. 761 dan An Nasai no. 2425. Abu ‘Isa Tirmidzi mengatakan bahwa haditsnya hasan).

Dari Ibnu Milhan Al Qoisiy, dari ayahnya, ia berkata,

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَأْمُرُنَا

أَنْ نَصُومَ الْبِيضَ ثَلاَثَ عَشْرَةَ وَأَرْبَعَ عَشْرَةَ وَخَمْسَ عَشْرَةَ . وَقَالَ هُنَّ كَهَيْئَةِ الدَّهْرِ

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa memerintahkan pada kami untuk berpuasa pada ayyamul bidh yaitu 13, 14 dan 15 (dari bulan Hijriyah).” Dan beliau bersabda, “Puasa ayyamul bidh itu seperti puasa setahun.” (HR. Abu Daud no. 2449 dan An Nasai no. 2434. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, beliau berkata,

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا يُفْطِرُ أَيَّامَ الْبِيضِ فِي حَضَرٍ وَلَا سَفَرٍ

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berpuasa pada ayyamul biidh

 ketika tidak bepergian maupun ketika bersafar.” (HR. An Nasai no. 2347. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan).

Nah luar biasa banget kan guys, ayuk ah sama-sama puasa bareng ^^

Jangan lupa ya ajak temen-temennya ya, karena sebaik baiknya sahabat yaitu yang saling mengingatkan dalam kebaikan. Jangan lupa guys, hari Jumat besok loh.

Sekarang ambil HP, nyalain alarm buat sahur guys 😀

Selamat meraih keutamaan

Wassalamu’alaykum

# JIMM FST UA – – – My Friend and My Family – – – Dekat Bersahabat #

Advertisements