PEMBAGIAN JOB DESK KEPENGURUSAN JIMM 2013

Bismillahirrahmaanirrahiim…

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Sesuai dengan hasil syuro BPH JIMM 2013 di sekre UKMKI SC UNAIR pukul 06.00-07.30 WIB (hm.. khusus Visi dan Misi JIMM telah tercantum di AD ART JIMM 2013 yang telah dibahas pada Musyawarah Besar JIMM 2012), maka Pembagian Job Desk Kepengurusan JIMM FSAINTEK UA 2013 adalah:

struktur

JIMM(Jamaah Intelektual Mahasiswa Muslim)

FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

UNIVERSITAS AIRLANGGA

Visi :

Menjadikan JIMM sebagai Lembaga Dakwah Fakultas(LDF) yang dinamis, inovatif, sinergis, dan menjadi pusat pembinaan islam guna mewujudkan Fakultas Sains dan Teknologi yang madani.

Misi :

  1. Optimalisasi pembinaan,pembentukan karakter, dan penjagaan kader melalui aktivitas mentoring.
  2. Menjalin kerjasama dengan pihak iternal fakultas dan eksternal kampus.
  3. Optimalisasi peran JIMM dalam lingkup JRMN.
  4. Mengoptimalkan kajian rutin berbasis keilmuan sesuai dengan segmentasi pasar untuk menunjang syiar islam.
  5. Aktivasi fungsi masjid ulul albab sebagai pusat pengembangan syiar islam.
  6. Pengembangan media informasi dan komunikasi sebagai salah satu bentuk syiar islam.
  7. Membentuk kerjasama dengan departemen keislaman di masing-masing Himpunan.

Job description

* Ketua Umum

  1. Bertanggung jawab atas terselenggaranya roda organisasi.
  2. Merancang dan mensosialisasikan arahan target pencapaian selama satu periode kepengurusan.
  3. Melakukan kontroling terhadap pengurus JIMM dalam pelaksanaan amanah kesolidan dan perkembangan
  4. pengurus dibantu oleh Mas’ulah dan departemen HRD.
  5. Membangunn hubungan dan kerjasama dengan SKI himpunan, BEM, dan pihak Dekanat

* Sekertaris umum:

  1. Membantu ketua dalam melakukan kontroling terhadap pengurus JIMM, khususnya pengurus akhwat.
  2. Mengkoordinir aktivitas internal JIMM dari departemen masing-masing serta mengatur jadwal penggunaan sekertariat.
  3. Bertanggung jawab atas terselenggaranya syuro internal BPH JIMM beserta kelengkapannya.
  4. Mengatur pola administrasi kesekertariatan dan pengarsipan dan mensosialisasikan kepada seluruh pengurus tahun 2013.

* Bendahara umum

  1. Listing sponsor, donator, serta kerjasama lain yang membantu pemasukan dana JIMM.
  2. Membuat laporan keuangan secara rutin.
  3. Membuat pola dan alur keuangan serta mensosialisasikannya pada pengurus.
  4. Mengkoordinir iuran wajib pengurus.
  5. Kontroling terhadap bendahara departemen dan bendahara kegiatan untuk melaksanakan tugas.

*Biro KWU-I(Kewirausahaan-Inventaris):

  1. Mengelola perpustakaan yang menyediakan referensi buku buku islam.
  2. Menjalankan usaha halal dan kerjasama di bidang keuangan untuk membantu pemasukan dana JIMM.
  3. Merintis badan usaha mandiri berkelanjutan untuk membantu pemasukan keuangan JIMM.
  4. Bertanggung jawab terhadap kelengkapan atribut JIMM.
  5. Berkoordinasi dengan sekertaris umum dalam menjamin terselenggaranya proses administrasi,kesekertariatan, dan pengarsipan proposal, LPJ, surat menyurat, dan notulensi syuro masing-masing departemen.
  6. Membangun hubugan dengan takmir terkait pengelolahan masjid.

*Departemen HRD:

  1. Melakukan pembinaan, pembekalan, dan peningkatan loyalitas kader  serta menjamin kualitas spiritual dan informal kader JIMM.
  2. Membuat alur pengkaderan yang sesuai dengan kondisi lapangan yang disesuaikan dengan target ahir.
  3. Melakukan rekrutmen terhadap mahasiswa baru dan memberikan matrikulasi terhadap mahasiswa yang berpotensi guna persiapan kader kepengurusan berikutnya.
  4. Melakukan kegiatan informal yang beertujuan untuk peningkatan ukuwah antar pengurus dan alumni.
  5. Bekerjasama dengan departemen ILC dalam pengelolahan aktivitas Mentoring.
  6. Bertanggung jawab atas terselenggaranya mentoring internal pengurus.
  7. Pemberdayaan Barisan JIMMers.
  8. Membantu ketum dan sekum dalam melakukan kontroling terhadap pengurus.

*Departemen  Syirkel(Syiar dan Keilmuan)

  1. Menyemarakkan kajian-kajian rutin baik skala besar maupum kecil sebagai upaya memakmurkan masjid
  2. Optimalisasi hari besar islam sebagai momen syiar islam.
  3. Bertanggung jawab atas kajian integrasi kampus.
  4. Membangun kerjasama dengan ustaadz dan pihak dosen dalam melakukan kajian.
  5. Melakukan usaha peningkatan kualitas keprofesian kader JIMM.
  6. Mengadakan kajian kajian berbasis keilmuan.
  7. Menjadi pusat informasi kompetisi keilmuan yang dapat diakses oleh pengurus dan anggota.
  8. Kontroling peningkatan akademik pengurus.

* Departemen ILC(Islamic Leaarning Center)

  1. Pengelolaan mentoring dalam PBAM dengan kerjasama SKI Himadep secara profesional.
  2. Mengadakan acara yang berhubungan dengan pelayanan belajar islam.
  3. Bersanma dengan HRD menyiapkan grand design mentoring tahun 2013.
  4. Melakukan kerjasama dengan pihak dekanat untuk mensukseskan mentoring program di tahun 2013.

* Departemen Jarmed(Jaringan dan media)

  1. Membangun jaringan komunikasi antarLDF khususnya di kampus C.
  2. Optimalisasi fungsi dan peran JIMM dalam JRMN sebagai Puskomwil V dan FSLDK.
  3. Optimalisasi media tulis dan cetak serta pengelolaan mading secara berkala sebagai bentuk syiar islam.
  4. Meningkatkan alur komunikasi dan publikasi kegiatan JIMM di lingkungan kampus maupun luar kampus.
  5. Optimalisasi media elektronik (blog) dalam membangun citra JIMM.
  6. Pengelolaan isu-isu dunia islam

* Departemen Kemuslimahan

  1. Berperan sebagai wadah silaturahim dan pelayanan kemuslimahan bagi muslimah FST.
  2. Melaksanakan syiar kemuslimahan.
  3. Membangun citra muslimah JIMM yang sholehah.
  4. Membantu dep HRD dalam mengkontrol anggota khususnya akhwat.
  5. Pengelolaan isu kemuslimahan.

Tugas fungsional

* Ketua Departemen/ Biro

  1. Menjadi koordinator utama dalam melaksanakan tugas departemen/biro.
  2. Menjadi bakorfak ikhwan dalam departemen/biro dalam menjalankan proses dakwah terintegrasi universitas.
  3. Bertindak sebagai mas’ul departmen dan memastikan keaktivan pengurus/anggotanya dalam pelaksanaan 10 muwashofat kader pada staf  ikhwan.
  4. Bertanggung jawab dalam mempererat ukuwah dalam departemen/ biro.

* Sekretaris Departemen/ Biro

  1. Membantu ketua departmen dalam menjalankan tugas departemen terutama dalam tata administrasi dan keuangan.
  2. Menjadi bakorfak akhwat dalam departemen/biro dalam menjalankan proses dakwah terintegrasi universitas.
  3. Bertindak sebagai mas’ulah department dan memastikan keaktivan pengurus/anggotanya dalam pelaksanaan 10 muwashofat kader pada staf  akhwat.
  4. Bertanggung jawab dalam mempererat ukuwah dalam departemen/biro

Raih

Advertisements

One thought on “PEMBAGIAN JOB DESK KEPENGURUSAN JIMM 2013”

Comments are closed.