Organisasi Orientasi Prestasi

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Akhi Ardhy, peraih emas PKM-T PIMNAS 25

Organisasi bagi sebagian mahasiswa tidaklah begitu penting, yang terpenting adalah prestasi akademik. Tidak demikian halnya bagi Ardhy Purwonugroho, Ketua Departemen Scientist Development (SD) JIMM ini. Organisasi yang ia ikuti ia niatkan untuk mengembangkan diri. “Organisasi itu penting, sepenting orang membutuhkan minum. Organisasi layaknya sebuah media pembelajaran soft skill, pengalaman, dan aktualisasi diri”, tandasnya. Baginya, JIMM adalah suatu organisasi keislaman yang komplit. Di samping mengedepankan ilmu agama, juga mendorong perkembangan ilmu pengetahuan yang lain.

Sebuah keputusan tentu membutuhkan komitmen untuk menjalaninya, dalam hal ini aktivis harus membagi waktu kuliah dengan organisasi. Seperti prinsip Ardhy, menggunakan waktu seefisien mungkin dan menyusun skala prioritas.

Pada 8-12 Juli lalu Ardhy berlaga di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS). Ajang bergengsi yang telah dilaksanakan ke-25 kalinya itu digelar di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Dengan PKM bidang Teknologi yang berjudul “Becak Biosteam: Inovasi Becak Motor Berbahan Bakar Bioetanol dengan Menggunakan Kombinasi Mesin Motor 2-Tak dan Ketel Uap” Ardhy mendapatkan medali emas.

Saat dimintai komentar tentang kemenangannya, Asdos Fisika Dasar ini menjawab “Alhamdulillah. kami beryukur kepada Allah. sungguh hal ini adalah anugerah dan karunia-Nya. Sungguh luar biasa bisa merasakan gelora PIMNAS. Sebuah ajang mahasiswa se-Indonesia yang tidak sekedar hanya kompetisi. Namun, sebuah ajang pembuktian karya-karya terbaik anak bangsa.  Sungguh bahagia bisa mendapatkan penghargaan medali emas di bidang PKMT. Sungguh ini merupakan perjuangan yang berat. Perjuangan yang membutuhkan pengorbanan pikiran, waktu, tenaga, dan finansial”.

Ardhy berharap kemenangannya ini dapat memotivasi teman-teman yang lain untuk menorehkan karya-karya terbaiknya. Banyak permasalahan negeri yang membutuhkan inovasi dan kreativitas anaka bangsa, khususnya mahasiswa.

.

Tulisan ini dari Ukhti Indah Karsunawati (S1 Fisika 2011_Departemen ILC JIMM).

O iya, ada kabar terbaru.. alhamdulillah, Akhi Ardhy terpilih menjadi Juara I Mahasiswa Prestasi(MAWAPRES) Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga tahun 2012

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Advertisements